PENGARUH KOMUNIKASI GURU PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI GUGUS XI KOTA BENGKULU

Martika, Mela and Lusa, Herman and Wurjinem, Wurjinem (2018) PENGARUH KOMUNIKASI GURU PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI GUGUS XI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSII.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru pada pembelajaran Pkn dengan penggunaan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa di kelas V SDN Gugus IX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengan desain The matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala likert angket komunikasi guru pendekatan saintifik dan angket motivasi belajar. Pengambilan angket dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SDN Gugus IX Kota Bengkulu , Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 73 dan siswa kelas VB SDN 82 Kota Bengkulu. Hasil uji-t komunikasi guru didapatkan thitung 4,12> ttabel 1,67793 dan motivasi belajar didapatkan thitung 5, 396> ttabel 1,67793. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel pada taraf singnifikan 5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi guru pada pembelajaran Ppkn dengan penggunaan pendekatan Saintifik terhadap motivasi belajar siswa di kelas V SDN Gugus IX Kota Bengkulu. Kata kunci: Komunikasi guru ,Saintifik , Motivasi Belajar, Pkn

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:44
Last Modified: 27 Jul 2023 03:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item