ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA BPJS TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK PUSKESMAS KECAMATAN TEBING TINGGI

SARI, OLGA YOLANDA and Putri, Yona Harianti and Teja, Dwi Sutanto (2022) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA BPJS TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK PUSKESMAS KECAMATAN TEBING TINGGI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_OLGA_YOLANDA_SARI (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab pada pasien yang berhubungan dengan sediaan farmasi. Kepuasan pasien dalam pelayanan farmasi yang diukur menggunakan metode SERVQUAL yang terdiri dari lima dimensi yaitu reliability (kehandalan), assurance (Jaminan), tangible (Bukti Nyata), empathy (Empati) dan responsiveness (Ketanggapan). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dan mengevaluasi pelayanan kefarmasian yang telah diberikan petugas kepada pasien di Apotek Puskesmas Kecamatan Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode purposive sampling menggunakan 400 responden yang memenuhi kriteria inklusi dengan instrument kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tingkat kepuasan terbesar ada pada dimensi kehandalan (reliability) yaitu 78,2%, selanjutnya diikuti oleh dimensi Jaminan (assurance) mendapat skor 72,3%, dan dimensi empati (empahty) 70,2%, dimensi ketanggapan (responsiveness) 68,7%, dan yang terakhir bukti nyata (tangible) mendapat skor 68%. Dapat disimpulkan bahwa pasien merasa puas terhadap pelayanan farmasi di Apotek Puskesmas Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan. Kata kunci : Kepuasan Pasien, Kefarmasian, Puskesmas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:55
Last Modified: 01 Aug 2023 04:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13363

Actions (login required)

View Item View Item