Sibarani, Nadia Yossi Meribet and Resnani, Resnani and Neza, Agusdianita (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL TEKNIK TERATAI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD N PADA GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI NADIA YANG BAGUS.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kontekstual teknik teratai terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN pada Gugus III kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan menggunakan jenis desain The Matching Only Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD kelas V pada Gugus III Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah SD kelas V SDN 57 dan SD kelas V SDN 17 kota Bengkulu yang masing – masing kelas berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes menulis puisi yang diberikan melalui posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung (6,20) > ttabel (4,390) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis analisis penelitian ini diterima. Simpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan model kontekstual teknik teratai terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN pada Gugus III Kota Bengkulu. Kata Kunci : Model Kontekstual Teknik Teratai, Kemampuan Menulis Puisi
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:37 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:37 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13371 |
Actions (login required)
View Item |