STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN KONSEP DAUR AIR DI KELAS V SDN KOTA BENGKULU

Sari, Opita and Winarni, Endang Widi and Feri, Noperman (2018) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN KONSEP DAUR AIR DI KELAS V SDN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI OPITA SARI (A1G014024).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis yang dicapai siswa dengan menerapkan model pembelajaran Examples non Examples dan Picture and Picture pada konsep daur air di kelas V SDN Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah Quasy Eksperimental dengan desain penelitian Matching Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN di Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang menerapkan kurikulum KTSP. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik Two Stage Cluster Random Sampling. Diperoleh siswa kelas VB SDN 58 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen I dan siswa kelas VA SDN 82 Kota Bengkulu sebagai eksperimen II. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dengan bentuk soal esai yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran berlangsung dan posstest diberikan setelah pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil posttest pada kelompok eksperimen I dengan eksperimen II menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,280 lebih besar daripada nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,676, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Examples non Example dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran Picture and Picture. Kata kunci: model Examples non Example, model Picture and Picture, kemampuan berpikir kritis, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:32
Last Modified: 17 Jul 2023 08:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13406

Actions (login required)

View Item View Item