Imelda, Puspita Sari and Muktadir, Abdul and Hasnawati, Hasnawati (2018) PENGARUH MEDIA VISUAL CERITA RAKYAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN SISWA KELAS V SD NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
PUSPITA SARI IMELDA (A1G013017).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media visual cerita rakyat terhadap kemampuan memahami bacaan siswa kelas V SD Negeri 18 Kota Bengkulu dan untuk menganalisis pengaruh media visual cerita rakyat terhadap kemampuan memahami bacaan siswa kelas V SD Negeri 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Mixed Method. Dengan metode analisis data kuantitalif dan kualitatif. Desain penelitian yaitu Matching Only Pretest Posttest Control Group Design terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 18 Kota Bengkulu yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan uji-t pada pretest yaitu thitung>ttabel (0,90 >1,68) yang artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan uji-t pada posttest thitung > ttabel (4,78 >1,68)yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media visual cerita rakyat bergambar terhadap kemampuan memahami bacaan siswa kelas V SD Negeri 18 Kota Bengkulu. Tahapan penerapan pembelajaran menggunakan media visual cerita rakyat yaitu memperkenalkan media visual cerita rakyat, menceritakan garis besar cerita rakyat, preview, question, read, reflect, recite dan review. Kata kunci: media visual, cerita rakyat, kemampuan memahami bacaan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 08:39 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 08:39 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13410 |
Actions (login required)
View Item |