PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 4 SDN GUGUS XV KOTA BENGKULU

Agustyanti, Putu Zelinka and Wurjinem, Wurjinem and Sri, Ken Kustianti (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 4 SDN GUGUS XV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Putu Zelinka Agustyanti NPM A1G014083.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experimental dengan jenis desain the matching only pretest-posttest control group design terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 4 Gugus XV Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 2 kelas terdiri dari kelas IV D SDN 74 Kota Bengkulu berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C SDN 101 Kota Bengkulu berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Berdasarkan hasil persentase hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 50,8%, IPS 48,4%, dan IPA 45,4% sedangkan pada kelas kontrol peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 13,09%, IPS 29,1%, IPA18,9%. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik yang menggunakan media permainan ular tangga. Kata kunci: Media Permainan Ular Tangga, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:24
Last Modified: 18 Jul 2023 01:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13423

Actions (login required)

View Item View Item