MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE OUTDOOR LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A PAUD IT IQRA Kota Bengkulu)

Jannah, Anisa Rodiatul and Nasirun, Nasirun and Anni, Suprapti (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE OUTDOOR LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A PAUD IT IQRA Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Anisa Rodiatul Jannah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui metode outdoor learning menggunakan media lingkungan sekitar pada kelompok A PAUD IT IQRA Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan melalui siklus dengan tahapan planning, acting, observing, dan reflecting. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD IT IQRA Kota Bengkulu yang berjumlah 17 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisi data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui metode outdoor learning menggunakan media lingkungan sekitar dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak dari rata-rata siklus I yaitu 2.77 dengan kriteria cukup ke rata-rata pada siklus II yaitu 4.08 dengan kriteria baik. Peningkatan ini dikarenakan kegiatan berhitung permulaan anak difokuskan pada aspek mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan. Pada aspek konsep bilangan anak sudah mampu dalam membilang dengan menunjuk benda, dan mengurutkan bilangan 1-10 dengan benda. Pada aspek lambang bilangan anak sudah mampu dalam menunjuk lambang bilangan dan memasangkan benda dengan lambang bilangan 1-10. Namun dalam penelitian ini masih terdapat kelemahan dalam pelaksanaan, guru masih kesulitan dalam mengkondisikan anak saat melakukan kegiatan diluar kelas. Maka disarankan untuk penelitian lebih lanjut agar dapat meningkatkan kemampuan berhitung dengan metode yang lebih bervariasi dan melakukan strategi agar dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak secara optimal. Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Metode Outdoor Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:38
Last Modified: 18 Jul 2023 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13450

Actions (login required)

View Item View Item