MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISONAL PADA KELOMPOK BI TK HANDAYANI KABUPATEN KEPAHIANG

Indriyani, Fevi and Kurniah, Nina and Yulidesni, Yulidesni (2018) MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISONAL PADA KELOMPOK BI TK HANDAYANI KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Fevi Indriyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatakan motorik kasar anak melalui permainan tradisional engklek dan meong-meongan pada kelompok B1 TK Handayani Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini anak kelompok B1 TK Handayani Kabupaten Kepahiang yang berjumlah 15 orang anak terdiri dari 7 orang perempuan 8 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase untuk mengetahui perbedaan antar siklus dengan t-test. Hasil penelitian ini menengaskan bahwa permainan tradisional engklek dan meong-meongan dapat meningkatkan motorik kasar anak dengan ketuntasan klasikal mencapai 86,6%. Kesimpulan yang dapat di peroleh dari penelitian ini permainan tradisional engklek dan meong-meongan dapat meningkatkan motorik kasar anak secara signifikan terlihat dari hasil = 2,24 2,14 pada taraf signifikansi 5%. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meningkatkan motorik kasar menggunakan permainan tradisional yang lain sesuai dengan lingkungan sekolah. Kata Kunci: Motorik Kasar, Permainan Tradisional Engklek dan Meong Meongan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:19
Last Modified: 18 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13474

Actions (login required)

View Item View Item