MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok B PAUD Raudhatul Athfal IPKB Kabupaten Rejang Lebong)

Astuti, Nyimas Yeyen Dwi Mulya and Nasirun, Nasirun and Indrawati, Indrawati (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok B PAUD Raudhatul Athfal IPKB Kabupaten Rejang Lebong). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Nyimas Yeyen Dwi Mulya Astuti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar pada anak kelompok B PAUD Raudhtul Athfal IPKB Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan pada masing-masing siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus rata�rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui kegiatan menganyam dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak dari rata-rata pada siklus I 3,43 dengan kriteria cukup ke rata-rata pada siklus II yaitu 4,11 dengan kriteria baik. Peningkatan ini dikarenakan kegiatan menganyam dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar difokuskan pada aspek menjimpit, menjumput, memegang dan koordinasi mata dan tangan. Penelitian ini kurang cocok pada aspek koordinasi mata dan tangan dikarenakan aspek koordinasi mata dan tangan berada pada rata-rata paling rendah, oleh karena itu disarankan pada peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian tentang keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam menggunakan media lainya seperti menggunakan media pita berwarna. Kata kunci: Keterampilan Motorik Halus, Kegiatan Menganyam, Lingkungan Sebagai Media Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:41
Last Modified: 18 Jul 2023 04:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13509

Actions (login required)

View Item View Item