MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN ESTAFET PADA ANAK KELOMPOK B PAUD SEBENING KASIH (Penelitian Tindakan Pada Kelompok B PAUD Sebening Kasih, Kabupaten Bengkulu Tengah)

Relian, Rhice and Kurniah, Nina and Anni, Suprapti (2018) MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN ESTAFET PADA ANAK KELOMPOK B PAUD SEBENING KASIH (Penelitian Tindakan Pada Kelompok B PAUD Sebening Kasih, Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatakan motorik kasar anak melalui bermain estafet pada kelompok B PAUD Sebening Kasih Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini anak kelompok B1 PAUD Sebening Kasih Kabupaten Bengkuu Tengah yang berjumlah 10 orang anak terdiri dari lima orang perempuan dan lima orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis rata-rata, persentase, dan t-test. Hasil penelitian ini menengaskan bahwa kegiatan bermain estafet dapat meningkatkan motorik kasar anak secara signifikan. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meningkatkan motorik kasar menggunakan kegiatan bermain estafet yang dimodifikasi seperti memodifikasikan jalur permainan dan memberikan bimbingan, pemberian contoh setahap demi setahap, memberikan motivasi berupa penguatan. Kata Kunci: Motorik Kasar, Bermain Esttafet.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:43
Last Modified: 18 Jul 2023 06:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13516

Actions (login required)

View Item View Item