DESKRIPSI KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 32 KABUPATEN SELUMA

Apriansyah, Robi and Hasnawati, Hasnawati and Neza, Agusdianita (2018) DESKRIPSI KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 32 KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ROBIAPRIANSYAH_A1G013120.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menjelaskan pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 32 Kabupaten Seluma. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru di kelas V SD Negeri 32 Kabupaten Seluma. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian tentang keterampilan guru dalam menjelaskan pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 32 Kabupaten Seluma, bahwa guru SR memiliki aspek-aspek keterampilan menjelaskan sebagai berikut : (a) Kejelasan Informasi yang meliputi kejelasan bahasa dan kejelasan materi, (b) Pemberian contoh dan ilustrasi yang meliputi Penggunaan contoh dan ilustrasi dan Pengorganisasian materi, (c) Pemberian tekanan yang meliputi Penekanan suara dan Penekanan mimik, gerak dan isyarat lainnya, (d) Memberikan balikan yang meliputi Usaha memperoleh balikan dan Usaha penggunaan balikan. Namun masi ada satu aspek yang belum dilakukan oleh guru, yaitu dalam pemberian contoh dan ilustrasi guru tidak menggunakan media pembelajaran saat menjelaskan. Kesimpulanya Guru di Kelas V SD Negeri 32 Kabupaten Seluma, memiliki keterampilan menjelaskan sesuai dengan aspek-aspek menyajikan penjelasan, namun masih ada satu aspek yang belum dilakukan oleh guru, yaitu dalam pemberian contoh dan ilustrasi guru tidak menggunakan media pembelajaran saat menjelasakan. Kata Kunci: Keterampila Menjelaskan, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:28
Last Modified: 18 Jul 2023 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13527

Actions (login required)

View Item View Item