Anjar Sari, Devia and Jarto, Tarigan and Budiyono , Budiyono (2013) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN REKLAME BERDASARKAN PERBUP NO 28 TAHUN 2012 DI KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
Text
I,II,III,II-13-dev-FS-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (591kB) |
|
Text
IV,V,VI,LAMP,II-13-dev-FS-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (379kB) |
Abstract
Di Indonesia, masalah yang dihadapi dalam pelayanan publik yaitu adanya diskriminasi pelayanan, ketidakpastian pelayanan dan rendahnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan. Berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah diatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan perizinan reklame pada DISPENDA Kabupaten Rejang Lebong. Adapun indikator-indikator yang digunakan dalam penelitian ini antara lain produktifitas kerja, kepuasan kerja dan kepuasan masyarakat. Dari indikator diatas maka informan yang terpilih dalam penelitian ini terdiri dari 4 petugas DISPENDA Kabupaten Rejang Lebong dan 4 pemohon perizinan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan didukung data kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti uraikan pada bab sebelumnya, maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Prosedur pembuatan izin reklame yang masih sangat panjang dan memakan waktu yang lama dalam penyelesaiannya, sehingga membuat masyarakat merasa kesulitan dalam pembuatan izin tersebut. Pelayanan nya belum maksimal karena belum di beri kewenangan untuk menerbitkan surat izin secara mandiri. Dengan demikian dari peneliti ini dapat dilihat bahwa produktivitas kerja DISPENDA masih rendah. 2) Kinerja petugas DISPENDA masih sangat rendah, hal ini ditunjukan dari tingkat kedisiplinan yang rendah. Masih ada petugas yang tidak mengikuti apel dan tidak berada ditempat pada jam kerja. Kedisiplinan petugas DISPENDA yang rendah ini berpengaruh negatif terhadap hasil kerja organisasi. Oleh karena itu, diperlukan usaha-usaha yang dapat meningkatkan kedisiplinan petugas DISPENDA. 3) Masyarakat merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas DISPENDA khususnya dalam pembuatan izin reklame ini. Mereka menilai prosedur dalam pembuatan izin reklame ini masih sangat panjang dan memakan waktu yang cukup lama, di tambah lagi persyaratan yang harus dibuat di instansi lain, selain itu petugas DISPENDA juga belum dapat bersikap adil dan ramah kepada semua pengguna layanan. Sebaiknya prosedur izin rekalme di DISPENDA ini dapat dibuat lebih sederhana dan relatif lebih cepat. Dan sebaiknya semua masalah perizinan yang sama sifatnya khususnya pembuat izin reklame ini dapat diselesaikan pada satu tempat, misalnya pembuatan NPWP, SKPD dan dilakukan pengadaan fasilitas pendukung dalam pembuatan izin ini agar lebih evektif dan efisie
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 13 Nov 2013 10:41 |
Last Modified: | 15 Nov 2013 09:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1354 |
Actions (login required)
View Item |