MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK MELALUI PERMAINAN MENYUSUN PUZZLE BERKELOMPOK (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok A di PAUD Terpadu Witri 1 Kota Bengkulu)

Agustin, Visca Rani and Nasirun, Nasirun and Delrefi, Delrefi (2018) MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK MELALUI PERMAINAN MENYUSUN PUZZLE BERKELOMPOK (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok A di PAUD Terpadu Witri 1 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI VISCA RANI AGUSTIN A1I014057.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (39MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama anak melalui permainan menyusun puzzle berkelompok di kelompok A PAUD Terpadu Witri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan pada masing-masing siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan menyusun puzzle berkelompok dapat meningkatkan kerjasama anak hal ini dilihat dari kenaikan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 3,54 dengan kriteria cukup, pada siklus II yaitu 4,18 dengan kriteria baik. Peningkatan ini dikarenakan permainan menyusun puzzle berkelompok difokuskan pada aspek interaksi, komunikasi dan saling bertukar ide. Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat melanjutkan penelitian ini menggunakan tiga media puzzle yang berbeda pada setiap pertemuannya. Kata Kunci: Kerjasama, Permainan, Puzzle Berkelompok

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:16
Last Modified: 18 Jul 2023 08:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13546

Actions (login required)

View Item View Item