ANALISA PENYALURAN DAYA PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO SECARA STAND ALONE (STUDI KASUS PLTMH ALHANAN ULUDANAU)

Putra, Ripo Utama and Herawati, Afriyastuti and Yanolanda, Suzantry (2022) ANALISA PENYALURAN DAYA PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO SECARA STAND ALONE (STUDI KASUS PLTMH ALHANAN ULUDANAU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi (Ripo Utama Putra).docx.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Desa Uludanau merupakan salah satu desa yang terletak di provinsi Sumatera Selatan yang sistem kelistrikannya disuplai oleh PLTMH Al-Hanan. PLTMH Al-Hanan merupakan pembangkit listrik jenis stand alone dengan kapasitas 220 kW. Permasalahan yang sering terjadi pada PLTMH ini adalah sering terjadi pemadaman ketika musim kemarau maupun musim hujan, oleh karena itu perlu dilakukan analisa aliran daya untuk mengetahui bagaimana PLTMH ini menjaga kontinuitas penyaluran daya nya ketika terjadi perubahan musim. Untuk menyelesaikan permasalahan aliran daya pada penelitian ini dapat dilakukan simulasi aliran daya menggunakan software ETAP 16.0 dengan metode Newton Raphson dan Fast Decoupled. Hasil simulasi aliran daya kedua metode ini selanjutnya dibandingkan untuk mengetahui metode mana yang paling efektif untuk menyelesaikan permasalahan aliran daya pada sistem yang sederhana seperti PLTMH Al-Hanan. Hasil simulasi aliran daya menggunakan metode Newton Rhapson dan metode Fast de Coupled menunjukan nilai yang sama untuk setiap busnya. Simulasi aliran daya pada musim hujan menunjukan nilai daya aktif dan daya reaktif tertinggi terdapat pada bus 1 yaitu 156,78 kW dan 101,77 kVAR, sedangkan simulasi ketika musim hujan menunjukan daya aktif dan daya reaktif tertinggi juga pada bus 1 yaitu 137,85 kW dan 88,97 kVAR. Kemudian drop tegangan tertinggi pada musim hujan yaitu 3,11 % dan musim kemarau yaitu 2,78 %. Metode Newton Rhapson membutuhkan 2 kali iterasi untuk mencapai nilai konvergen dan tidak ada nilai mismatch sedangkan metode Fast de Coupled membutuhkan 3 kali iterasi untuk mencapai nilai konvergen dan terdapat nilai mismatch ketika melakukan simulasi aliran daya. Kata kunci : aliran daya, bus, Fast Decoupled, Newton Raphson, stand alone

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:37
Last Modified: 01 Aug 2023 08:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13549

Actions (login required)

View Item View Item