PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK KELOMPOK B1 TK WITRI 1 KOTA BENGKULU

Damayanti, Yuni Atika and Kurniah, Nina and Neza, Agusdianita (2018) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK KELOMPOK B1 TK WITRI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI YUNI OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuanpenelitianiniuntukmeningkatkankemampuan pemecahan masalahanakmelaluimetode eksperimen dalam pembelajaran sains padakelompok B1 TK Witri 1 kota Bengkulu.Metodeyang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK)yang dilakukanmelaluiduasiklusdansetiapsiklusnyaterdiridaritigapertemuan.Subjekpene litiananakkelompok B1 TK Witri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 10 orang anakterdiridari 6 orang Laki-lakidan 4 orang Perempuan. Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi.Teknikanalisis data menggunakan rumus rata-rata ketuntasan klasikal dan t-test. Hasilpenelitianmenunjukkan rata-rata 6,4 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80% dan hasil uji mengalami peningkatan yang signifikan dengan hasil ujit = 4,07 ℎ = 2,26 pada taraf signifikan 5%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak. Disarankanbagiguru menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak. Penelitiselanjutnya dapat melakukanpenelitian yang sama dengan menggunakan materi atau sub-tema yang lain. Kata Kunci:Kemampuan Pemecahan Masalah,Metode Eksperimen

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:48
Last Modified: 18 Jul 2023 08:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13563

Actions (login required)

View Item View Item