PERBANDINGAN HASIL EVALUASI KERUSAKAN JALAN METODE BINA MARGA DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (Studi Kasus Ruas Jl. Lais-Kerkap Desa Air Napal, Bengkulu Utara STA 29+350 s.d 31+750)

Vebriani, Vina and Bahri, Samsul and Agustin, Gunawan (2022) PERBANDINGAN HASIL EVALUASI KERUSAKAN JALAN METODE BINA MARGA DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (Studi Kasus Ruas Jl. Lais-Kerkap Desa Air Napal, Bengkulu Utara STA 29+350 s.d 31+750). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI VINA VEBRIANI G1B017041.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Evaluasi kerusakan jalan di ruas Jalan Lais-Kerkap STA 29+350 sampai dengan STA 31+750 dilakukan untuk mengetahui tingkat kerusakan jalan dan jenis pemeliharaan jalan. Evaluasi kerusakan jalan dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu metode Bina Marga dan Metode Pavement Contidion Index (PCI). Evaluasi kerusakan dengan metode Bina Marga diawali dengan survei lalu lintas harian rata-rata (LHR) pada hari Senin dan Minggu, pengambilan data jenis kerusakan jalan, panjang, lebar dan kedalaman setiap jenis kerusakan digunakan pada metode Bina Marga dan Pavement Condition Index. Hasil evaluasi kerusakan jalan berdasarkan metode Bina Marga menunjukkan bahwa ruas Jalan Lais-Kerkap STA 29+350 sampai dengan STA 31+750 terdapat beberapa jenis kerusakan jalan yaitu lubang, tambalan, retak kulit buaya, retak memanjang, retak melintang, retak acak, pelepasan butiran dan permukaan kasar dengan nilai urutan prioritas sebesar 10 atau berarti >7 yang menandakan bahwa jalan tersebut dapat dimasukkan dalam program pemeliharaan rutin. Jenis kerusakan jalan berdasarkan metode PCI terdapat beberapa jenis yaitu retak kulit buaya, retak memanjang dan melintang, tambalan, penggemukan, pelapukan dan pelepasan butiran, lubang dan retak tepi serta memiliki nilai PCI sebesar 70 yang menunjukkan bahwa jalan tersebut termasuk dalam klasifikasi kualitas perkerasan jalan dengan tingkat kerusakan baik. Kata Kunci: Metode Bina Marga, Metode Pavement Condition Index, Urutan Prioritas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:47
Last Modified: 01 Aug 2023 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13622

Actions (login required)

View Item View Item