KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI BILAH IMPELER SETENGAH TERBUKA DAN FLUIDA KERJA TERHADAP UNJUK KERJA POMPA SENTRIFUGAL

Nico, Candra and Puspawan, Angky and Nurul, Iman Supardi (2022) KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI BILAH IMPELER SETENGAH TERBUKA DAN FLUIDA KERJA TERHADAP UNJUK KERJA POMPA SENTRIFUGAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Candra Nico (G1C017070).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Performa dari pompa sentrifugal dipengaruhi oleh beberapa variabel yaitu kecepatan dari putaran poros dan impeler, serta unjuk kerja pompa sentrifugal ditentukan oleh head dan efisiensi kerja yang dihasilkan pompa. Dari setiap penelitian unjuk kerja pompa, sebagian besar ditujukan pada variasi bilah impeler. Melihat pentingnya mengetahui pengaruh variasi bilah impeler terhadap unjuk kerja pompa sentrifugal, maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap pengaruh variasi bilah impeler setengah terbuka terhadap debit dan efisiensi pompa tertinggi dengan fluida kerja berbeda. Penelitian yang dilakukan ini dengan tujuan mengetahui unjuk kerja pompa sentrifugal yang memvariasikan putaran motor yaitu 1300 rpm, 1600 rpm, dan 1800 rpm, serta menggunakan bilah impeler setengah terbuka 3, 4, dan 5. Fluida yang divariasikan yakni air, solar, dan oli. Data yang akan diperoleh dari penelitian yaitu tekanan, debit, arus listrik, dan tegangan listrik dilakukan perhitungan sehingga mendapatkan nilai head pompa, daya pompa, daya motor listrik, dan efisiensi pompa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa impeler dangan bilah 4, fluida kerja air, dan putaran poros motor pompa 1800 rpm memiliki nilai debit pompa tertinggi 45,6 liter/menit, dan nilai efisiensi terbesar 14,15%. Sedangkan impeler dangan bilah 3 fluida kerja oli dengan putaran poros 1300 rpm mendapatkan nilai debit pompa sentrifugal terendah 24,2 liter/menit dan nilai efisiensi pompa sentrifugal terendah 2,93%. Kata kunci : impeler, putaran motor, fluida kerja, unjuk kerja (efisiensi)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:41
Last Modified: 01 Aug 2023 08:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item View Item