ANALISIS PENGARUH TEMPERATURE AIR PENDINGIN PADA PEFORMA MESIN DIESEL TIPE DONGFENG R175A

Firdaus, Muhammad Fitra and Witanto, Yovan and Agus, Nuramal (2022) ANALISIS PENGARUH TEMPERATURE AIR PENDINGIN PADA PEFORMA MESIN DIESEL TIPE DONGFENG R175A. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FITRA FIRDAUS (G1C017009).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh temperature air pendingin pada peforma mesin diesel tipe dongfeng R175A. Pada penelitian ini temperature air pendingin divariasikan sebesar 30°C, 40°C, 50°C, 60°C, 70°C, dan 80°C. Kemudian penelitian ini memvariasikan pembebanan lampu (Watt) sebesar 300 Watt, 600 Watt dan 900 Watt pada putaran mesin 1500 rpm. Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah daya output generator listrik, torsi mesin dan Spesific Fuel Consumption (SFC). Pada penelitian ini juga memvariasikan putaran mesin sebesar 1100 rpm, 1300 rpm dan 1500 rpm, pada pembebanan lampu 300 Watt, agar dapat melihat pembandingan tempereture air pendingin terhadap pembebanan lampu dengan putaran mesin. Hasil yang didapatkan pada penilitian ini menunjukan bahwa daya output generator listrik terbaik didapatkan pada range temperature 60°C - 70°C, Kemudian dibuktikan dengan metode analisis of varian (Anova) didapatkan F hitung < F tabel maka H0 diterima. Torsi mesin maksimum didapatkan pada range temperature 50°C - 70°C Kemudian dibuktikan dengan metode analisis of varian (Anova) untuk torsi mesin didapatkan F hitung < F tabel maka H0 diterima. Nilai Specific Fuel Consumption (SFC) yang terendah didapatkan pada saat temperature air pendingin 80°C, Kemudian dibuktikan dengan metode analisis of varian (Anova) untuk Spesific Fuel Consumption (SFC) didapatkan F hitung < F tabel maka H0 diterima. Kosumsi bahan bakar terendah didapatkan pada temperature air pendingin 80°C dengan variasi pembebanan lampu (Watt) dan variasi putaran mesin (rpm), Maka variasi temperature air pendingin berpengaruh signifikan terhadap kosumsi bahan bakar. Semakin menigkat temperature air pendingin hingga 80°C maka semakin rendah juga kosumsi bahan bakar yang digunakan yang menandakan semakin hemat konsumsi bahan bakar yang digunakan pada mesin diesel dongfeng R175A. Kata Kunci : Mesin Diesel, Temperature Air Pendingin, Peforma Mesin Diesel.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:42
Last Modified: 01 Aug 2023 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13647

Actions (login required)

View Item View Item