PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF DALAM MEMBACA AL-QURAN DI TAMAN PENDIDIKANAL-QURAN(TPQ) ASY-SYIFA KOTA BENGKULU

Solikha, Almar Atus and Zulkarnain, Rufran and Ririn, Gusti (2017) PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF DALAM MEMBACA AL-QURAN DI TAMAN PENDIDIKANAL-QURAN(TPQ) ASY-SYIFA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini secara umum adalah bagaimana pembelajaran transformatif sebagai pembelajaran mebaca Al-Quran di TPQ Asy-Syifa. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui apakah TPQ Asy-Syifa mengunaka pembelajaran transformatif dalam pembelajaran membaca Al-Quran di TPQ Asy-Syifa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepalah sekolah, tutor. Untuk membuktikan keabsahan data, dilakukan pengecekan data menggunakan triangulasi subjek, triangulasi waktu, dan trianggulasi teknik. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa pertama adanya upaya guru dan anak didik dalam merumuskan masalah yang ada di dalam materi pembelajaran Al-Quran sebelum memulai pembelajaran Al- Quran. Kedua adanya cara guru merumuskan masalah-masalah yang terdapat dalam materi pembelajaran membca Al-Quran. Ketiga, adanya masalah materi huruf hijaiiah, materi tajwid dan materi tahsin yang ada di materi pembelajaran membaca Al-Quran. Keempat perencanaan tindakan solusi mengatasi masalah yang dirumuskan dalam materi pembelajaran membaca Al-Quran pada guru dan murid. Kelima adanya tindakan solusi sesuai dengan masalah yang dirumuskan dalam materi pembelajaran membaca Al-Quran. Keenam, melakukan evaluasi terhadap tindakan solusi yang dilakukan anak dalam pembelajaran membaca Al- Quran. Ketujuh adanya hasil dari tindakan solusi yang dilaksanakan anak murid dalam menagtasi masalah materi pembelajaran membaca Al-Quran. Kata kunci : Pembelajaran, Transformatif, TPQ Asy-Syifa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:55
Last Modified: 21 Jul 2023 01:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13690

Actions (login required)

View Item View Item