PENERAPAN PILAR PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SENTRA BAHAN ALAM PADA PLAY GROUP PAUD FATMA KENANGA KOTA BENGKULU

Hasanah, Dwi Fitria and Sofino, Sofino and Abdullah, Ilham (2018) PENERAPAN PILAR PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SENTRA BAHAN ALAM PADA PLAY GROUP PAUD FATMA KENANGA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI DWI FITRIA HASANAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pilar pendidikan karakter berbasis sentra bahan alam pada play group PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penerapan pilar pendidikan karakter berbasis sentra bahan alam pada play group PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan partisipan penelitian menggunakan puposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas dan reliabilitas menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan bahwa penerapan pilar pendidikan karakter berbasis sentra bahan alam pada play group PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu meliputi perencanaan dengan menyusun program tahunan, program semesteran, RPPM, RPPH mengacu pada kurikulum 2013. Pelaksanaannya dilakukan seminggu sekali pada hari selasa. Terdapat sembilan pilar karakter yang diterapkan melalui pembiasaan sehari-hari dan kegiatan sentra dengan menggunakan metode yang disesuaikan dengan kegiatan, serta menggunakan media yang berasal dari alam langsung. Setelah itu, dilakukan evaluasi harian, mingguan, dan bulanan. Peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan pilar pendidikan karakter tersebut didukung oleh sarana yang memadai, pendidik yang lulusan PAUD, antusias peserta didik yang tinggi, kerja sama dengan orang tua dan terdapat juga faktor penghambat yakni setting tempat outdoor yang lumayan jauh dan indoor yang kurang memadai. Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Play Group, Pilar Pendidikan Karakter, Sentra Bahan Alam

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:38
Last Modified: 21 Jul 2023 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13699

Actions (login required)

View Item View Item