UJI AKTIVITAS AFRODISIAK EKSTRAK BATANG TUMBUHAN AKAR KUNING (Arcangelisia flava Merr.) ASAL PULAU ENGGANO TERHADAP PERILAKU SEKSUAL MENCIT JANTAN (Mus musculus L.)

Ananda, Dea Putri and Kamilah, Santi Nurul and Sri, Astuti (2019) UJI AKTIVITAS AFRODISIAK EKSTRAK BATANG TUMBUHAN AKAR KUNING (Arcangelisia flava Merr.) ASAL PULAU ENGGANO TERHADAP PERILAKU SEKSUAL MENCIT JANTAN (Mus musculus L.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
dea putri ananda (F1D015062).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Afrodisiak adalah senyawa yang terdapat pada tumbuhan atau hewan yang dapat meningkatkan gairah atau perilaku seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas afrodisiak ekstrak batang dari tumbuhan akar kuning (Arcangelisia flava Merr.) asal pulau Enggano terhadap perilaku seksual mencit jantan (Mus musculus L.). Parameter yang diamati meliputi perilaku seksual introduction (pengenalan), climbing (menunggang), dan coitus (kawin). Pengambilan sampel akar kuning dan penelitian dilanjutkan pada bulan Mei-Juni 2019 di Laboratorium Ekologi, Ruang Ecopet, Gedung V Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bengkulu. Tahapan penelitian ini meliputi persiapan hewan uji, pembuatan ekstrak akar kuning, dan pemberian perlakuan yang diberikan satu kali sehari selama 14 hari secara oral. Percobaan ini dilakukan dengan 5 perlakuan yaitu ekstrak akar kuning dosis150 mg/kg BB, 200 mg/kg BB, dan 250 mg/kg BB, perlakuan kontrol (K+) obat kuat (pasak bumi) dosis 200 mg/kg BB, dan kelompok normal (N) tanpa perlakuan. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan ANOVA dan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh peningkatan aktivitas perilaku seksual pada dosis 150 mg/kg BB, dan meningkatkan aktivitas lokomotor yaitu pada dosis 250 mg/kg BB dengan rata-rata 350,89 kali putaran. Pada uji statistik pemberian ekstrak tumbuhan akar kuning dalam berbagai variasi dosis tidak berpengaruh terhadap aktivitas perilaku seksual, tetapi berpengaruh nyata terhadap aktivitas lokomotor mencit pada dosis 250 mg/kg BB. Kata kunci: afrodisiak, ekstrak akar kuning, Enggano, perilaku seksual

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:53
Last Modified: 01 Aug 2023 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item View Item