KEANEKARAGAMAN ARACHNIDA PERMUKAAN TANAH PADA ZONA PENYANGGA DI CAGAR ALAM TELUK KLOWE PULAU ENGGANO KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU

Yunita, Erni and Darmi, Darmi and Novia, Duya (2019) KEANEKARAGAMAN ARACHNIDA PERMUKAAN TANAH PADA ZONA PENYANGGA DI CAGAR ALAM TELUK KLOWE PULAU ENGGANO KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Arachnida disebut juga kelompok laba-laba, meskipun anggotanya bukan laba-laba saja, kalajengking dan Acarina juga termasuk di dalamnya, memiliki 4 pasang kaki, tidak memiliki antena Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Arachnida permukaan tanah pada Zona Penyangga di Cagar Alam Teluk Klowe Pulau Enggano. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Desember 2018 dilanjutkan pengamatan di Laboratorium Ekologi di Gedung V. Pengambilan sampel menggunakan metode Sistematic Sampling dan perangkap jebak (pitfall trap), di tarik garis transek terdiri dari 2 garis transek yang masing-masing garis transek berukuran 100 meter dengan jarak antar garis transek 10 meter dan di pasang perangkap pitfall trap dengan jarak antar pitfall trap 5 meter. Kemudian dilanjutkan di Laboratorium untuk di identifikasi. Parameter lingkungan yang di ukur meliputi suhu tanah, pH tanah, kelembaban tanah, dan kadar organik tanah. Dari hasil penelitian dapatkan 14 Famili diantaranya Famili Sclerusomatidae, Famili Pholcidae, Famili Lycosidae, Famili Linyphiidae, Famili Miturgidae, Famili Nippobodidae, Famili Phtiracaridae, Famili Cithaeronida, Famili Theridiidae, Famili Ixodidae, Famili Tenuipalpidae, Famili Amaurobiidae, Famili Salticidae Dan Famili Oxyopidae. Kepadatan dan kepadatan relatif tertinggi dari Famili Sclerusomatidae dengah kepadatan 1,30 ind/perangkap (KR=22,03 %) diikuti oleh Famili Pholcidae dengan kepadatan 0,90 ind/perangkap (KR=15,25%) dan yang paling rendah hasil kepadatn dan kepadatan relatif yaitu dari Famili Oxyopidae dengan kepadatan 0,15 ind/perangkap (KR=2,54%). Frekuensi relatif paling tinggi dari Famili Sclerusomatidae (75%) dengan kehadiran “Absolute” diikuti oleh Famili Pholcidae (55%) dengan kehadiran “Konstan” dan Famili Amaurobiidae (10%) dengan kehadiran “Aksidental”. Indeks Diversitas Simpson yaitu 0,89 tergolong tinggi dan Indeks Dominansinya tergolong rendah yaitu 0,11. Kata Kunci : Arachnida, Keanekaragaman, Zona Penyangga Cagar Alam Teluk Klowe, Pitfall Trap.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:53
Last Modified: 01 Aug 2023 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

View Item View Item