MANAJEMEN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DI KOTA BENGKULU (Studi Pada PKBM Sriwijaya Sawah Lebar Kota Bengkulu)

Nursamsi, Muhammad and Rizkan, Rizkan and Parlan, Parlan (2018) MANAJEMEN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DI KOTA BENGKULU (Studi Pada PKBM Sriwijaya Sawah Lebar Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi MUHAMAD NURSAMSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang di lakukan pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sriwijaya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek yang dipilih yaitu pengelola PKBM Sriwijaya, yang terdiri dari Ketua Ralin MS Gumay, Bendahara Umi Yanti. Untuk membuktikan keabsahan data dilakukan pengecekan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Data dianalisis melallui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pertama perencanaan. PKBM Sriwijaya membuat program, merumuskan Visi Misi, mempersiapkan Sarana dan Prasarana. Kedua pengorganisasian. PKBM Sriwijaya memiliki Kepengurusan yang terdiri dari Pembina, Ketua, Seketari dan Bendahara. Ketiga pelaksanaan. Dalam melaksanakan program kerja PKBM Sriwijaya menggunakan dana suadana, kurikulum yang digunakan kurikulum dari diknas. Keempat pengawasan dilakukan oleh pengelola PKBM Sriwijaya baik secara langsung maupun tidak langsung, pengelola juga melakukan pengawasan terhadap tutor yang dijadikan sebagai bahan evaluasi.. Kata kunci : Manajemen, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:37
Last Modified: 21 Jul 2023 03:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

View Item View Item