KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) BHABINKAMTIBMAS DESA PADANG MANIS KECAMATAN MANNA KEBUPATEN BENGKULU SELATAN

Sari, Mita Okta and Rizkan, Rizkan and Ririn, Gusti (2018) KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) BHABINKAMTIBMAS DESA PADANG MANIS KECAMATAN MANNA KEBUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi MITA OKTA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kegiatan pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) oleh Bhabinkamtibmas di Desa Padang Manis Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi terhadap subjek penelitian dan teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan 1) dalam tujuan pelaksanan pembelajaran untuk mencapai keberhasilan belajar satiap santri. Selain itu juga pelaksanaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) harus memiliki izin oprasianal/pendirian TPQ, Selain itu ditunjang dengan sarana dan prasarana untuk kegiatan pembalajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). 2) pelaksanaan kagiatan pembelajaran adanya program pembelajaran dan metode. Sedangkan waktu saat proses pembelajaran maksimal 2 jam dalam pertemuan. Adapun cara guru mengajar yang dilakukan dalam mendidik santri seperti menanamkan nilai-nilai agama dan moral pada anak. Selain itu ada juga kendala guru dalam menyikapi anak yang sedikit bandel. Walaupun dengan demikian adanya sistem penilaian harian yang dilakukan saat santri belajar membaca Al-Qur’an, supaya anak yang sudah khatam Qur’an bisa mendaftar wisuda yang dilakukan setiap tahunnya. 3) faktor penghambat kegiatan pembelajaran adalah media yang terbatas, selain itu juga materi pembelajaran yang kurang efektif. Adapun faktor yang mendukung kegiatan pembelajaran yaitu, adanya pondok ngaji, dukungan kepala desa dan antusia masyarakat terhadap pembelajaran Al-Qur’an dan Ilmu Agama. Kata kunci : Kegiatan Pembelajaran, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:58
Last Modified: 21 Jul 2023 03:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13743

Actions (login required)

View Item View Item