STUDI PERUBAHAN GARIS PANTAI DI DAERAH RAWAN ABRASI BENGKULU UTARA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV)

Hanapi, Rendi and Lubis, Ashar Muda and Budi, Harlianto (2019) STUDI PERUBAHAN GARIS PANTAI DI DAERAH RAWAN ABRASI BENGKULU UTARA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Rendi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Provinsi Bengkulu adalah salah satu provinsi yang rentan terhadap fenomena perubahan garis pantai yang disebabkan akibat peristiwa abrasi (pengikisan badan pantai). Perubahan garis pantai ialah berpindahnya atau bergesernya letak garis pantai dari kedudukan semula. Perkembangan teknologi dalam bidang geospasial dan pengindraan jarak jauh dapat memudahkan dalam pekerjaan geospasial seperti halnya dalam penentuan garis pantai, dengan menggunakan UAV proses pengukuran dan pengolahan garis pantai dapat dilakukan dengan cepat dan dengan hasil yang akurat. Penelitian ini dilakukan di lima lokasi rawan abrasi Bengkulu Utara untuk mengetahui perubahan garis pantai dan besar kecepatan perubahan garis pantai menggunakan metode UAV. Penelitian ini juga menggunakan data peta Bengkulu Utara tahun 1992, 2000 dan 2011 sebagai data pendukung. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan tumpang susun (overlay) antara peta hasil foto UAV tahun 2018 dengan peta garis pantai tahun 1992, 2000 dan 2011 sehingga didapatkan data perubahan garis pantai. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai kecepatan perubahan garis pantai per tahun yang terjadi di Bengkulu Utara berdasarkan tiga data sekunder dan satu data primer yang ada. Nilai rata-rata kecepatan perubahan garis pantai di lima lokasi rawan abrasi pantai Bengkulu Utara dimasing-masing lokasi penelitian ialah: Padang Betuah yaitu 19,4 m/th, Lais yaitu 19,9 m/th, Serangai yaitu 19,5 m/th, Ketahun yaitu 15,9 m/th dan Pelabuhan PT. Firman yaitu 15,7 m/th. Hasil Penelitian ini menunjukan adanya perbedaan kecepatan perubahan garis pantai di masing-masing lokasi, hal ini dimungkinkan karena adanya penyebab atau faktor lokal seperti perbedaan struktur batuan penyusun pantai, kekuatan gelombang laut dan arus laut pada masing-masing lokasi. Kata kunci : Abrasi, Bengkulu Utara, UAV, Garis Pantai, Overlay.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:55
Last Modified: 01 Aug 2023 08:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item