UPDATING GEOLOGICAL SLIP RATES ON INVESTIGATED SEGMENTS ALONG SUMATRAN FAULT ZONE USING VERY HIGH RESOLUTION TOPOGRAPHIC DATA

Yelmiza, Rasti and Shah, Afroz Ahmad and Ashar, Muda Lubis (2019) UPDATING GEOLOGICAL SLIP RATES ON INVESTIGATED SEGMENTS ALONG SUMATRAN FAULT ZONE USING VERY HIGH RESOLUTION TOPOGRAPHIC DATA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RASTI YELMIZA F1C015011.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Terbentuknya patahan Sumatra telah menimbulkan beberapa gempa besar dan menjadi bahaya utama pada daerah tersebut. Pentingnya informasi mengenai bahaya gempa, menyebabkan munculnya beberapa penelitian sebelumnya yang menginvestigasi sejarah gempa dan estimasi laju geser di patahan Sumatra, namun perlu dilakukan peninjauan ulang untuk mendapatkan perkiraan laju geser yang lebih tepat. Maka dari itu pada studi ini dilakukan peninjauan ulang untuk memberikan estimasi terbaru dari laju geser serta akumulasi energi pada segmen patahan Sumatra dengan menggunakan data topografi yang lebih akurat. Investigasi dilakukan pada 6 segmen yang pernah diinvestigasi sebelumnya dan diolah menggunakan data citra Satelite Pour I’Observation de la Terre (SPOT) 6 dan 7 dengan resolusi 1.5 m yang kemudian diukur berdasarkan offset fitur geologi yang mengalami pembelokan atau pergeseran yang melintasi jejak patahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai laju geser pada bagian utara Sumatra yaitu 15±0.1 mm/tahun pada Segmen Renun dan 12±0.1 mm/tahun pada Segmen Toru. Dibagian tengah Sumatra menunjukkan 15±0.4 mm/tahun pada Segmen Sianok. Dan di bagian selatan Sumatra memperlihatkan laju geser sebesar 15±0.8 mm/tahun pada Segmen Musi, 12±0.2 mm/tahun pada Segmen Kumering, dan 13±0.2 mm/tahun pada Segmen Semangko. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan nilai laju geser pada patahan Sumatra hampir seragam pada setiap segmen. Akumulasi nilai magnitude momen pada semua segmen berada pada interval Mw7.0-Mw7.4. Analisa secara lebih mendalam perlu dilakukan berkaitan dengan struktur patahan untuk mengetahui bentuk fitur geologi sebelum pergeseran dan perubahan morfologinya, seperti erupsi gunung api, longsor, dll., karena parameter lain tidak diperhitungkan pada penelitian ini. Kata Kunci: laju geser, magnitude momen, patahan Sumatra.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:56
Last Modified: 01 Aug 2023 08:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13762

Actions (login required)

View Item View Item