STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DIPAUD ALAM BENGKULU MAHIRA KOTA BENGKULU

Ulandari, Yartika and Rachmat, Agus Zainal and Izzudin, Izzudin (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DIPAUD ALAM BENGKULU MAHIRA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI YAR OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran anak berkebutuhan khusus di PAUD Alam Bengkulu Mahira Kota Bengkulu.Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan bahwa (1) Harapan/target dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus terdapat 7 target perkembangan yaitu target perkembangan nilai agama dan moral, target perkembangan fisik, target perkembangan kognitif, target perkembangan bahasa, target perkembangan sosial emosional, target perkembangan bina diri, dan target perkembangan sains. (2) Penentuan alokasi waktu belajar anak yang berkebutuhan khusus di PAUD Alam Bengkulu Mahira terdapat tiga model pembelajaran yaitu yang petama, anak reguler dan anak berkebutuhan khusus belajar bersama- sama dalam satu kelas, kedua yaitu anak berkebutuhan khusus belajar secara individu di ruang inklusi, kemudian yang ketiga yaitu semua anak berkebutuhan khusus berkumpul di ruang inklusi. (3) Penyiapan hadiah/penghargaan bagi anak berkebutuhan ada tiga bentuk. Pertama berbentuk fisik seperti makanan, snack, dan mainan.Bentuk kedua yaitu bentuk verbal, dimana hadiah/penghargaan yang diberikan seperti pujian dan motivasi.Kemudian yang ketiga yaitu hadiah/penghargaan berbentuk non verbal seperti pelukan, acungan jempol, tepuk tangan dan tos bersama.(4) Pemberian tugas/pekerjaan kepada anak yang berkebutuhan khusus ada dua bentuk tugas. Pertama tugas umum dimana tugas yang diberikan sama dengan tugas yang diberikan kepada anak reguler, namun tugas umum yang diberikan tetap mempertimbangkan kemampuan anak itu sendiri. Selanjutnya yang kedua yaitu tugas khusus, dimana tugas tersebut dirancang khusus untuk anak berkebutuhan khusus sesuai dengan target masing-masing anak.(5) Pemberian bantuan tertentu kepada anak berkebutuhan khusus ada tiga bentuk. Pertama bantuan secara fisik, dimana bantuan ini diberikan langsung kepada anak berkebutuhan khusus dengan sentuhan fisik secara langsung. Kemudian yang kedua bantuan secara verbal yaitu bantuan yang diberikan seperti mengajarkan anak mengucap salam, menyapa teman dan berterima kasih. Selanjutnya yang ketiga bantuan secara emosional, dimana bantuan diberikan dengan cara membantu meredamkan emosi anak. (6) Dalam proses pembelajaran tema dan mata pelajaran yang diberikan kepada anak sama, baik bagi anak reguler maupun anak berkebutuhan khusus. Namun berbeda dalam beban pembelajaran yang diberikan. Kata kunci :Strategi Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, PAUD Alam Bengkulu Mahira

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:39
Last Modified: 21 Jul 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13771

Actions (login required)

View Item View Item