PEMBUATAN LOTION AROMATERAPI MINYAK ATSIRI JERUK KALAMANSI (Citrus Microcarpa) DENGAN BAHAN BAKU MINYAK KELAPA MURNI (VCO) DAN MINYAK SAWIT (Palm oil)

Yuliana, Yuliana and Fitriani, Dyah and Eni, Widiyati (2019) PEMBUATAN LOTION AROMATERAPI MINYAK ATSIRI JERUK KALAMANSI (Citrus Microcarpa) DENGAN BAHAN BAKU MINYAK KELAPA MURNI (VCO) DAN MINYAK SAWIT (Palm oil). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi yuliana pdf fiks.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (520kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan lotion aromaterapi minyak atsiri jeruk kalamansi (Citrus microcarpa) dengan bahan baku minyak kelapa murni (VCO) dan minyak sawit (Palm oil). Penelitian ini bertujuan untuk membuat sediaan lotion aromaterapi serta mengkarakterisasinya. Lotion dibuat dengan cara mencampurkan fase minyak dan fase air, kemudian ditambahkan minyak atsiri jeruk kalamansi dengan variasi konsentrasi 1% dan 5% kemudian melakukan karakterisasi sediaan lotion aromaterapi dengan melakukan uji hedonik (kesukaan), uji daya sebar, uji pH, dan uji viskositas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi bahan baku dan variasi konsentrasi minyak atsiri mempengaruhi karakteristik lotion. Semakin tingginya konsentrasi minyak atsiri yang ditambahkan ke dalam lotion maka semakin baik tingkat responden dari panelis tetapi nilai viskositas semakin menurun. Semakin lama penyimpanan maka daya sebar lotion dan pH lotion semakin meningkat. Hasil karakteristik sifat fisik lotion diperoleh sifat-sifat seperti pH, uji daya sebar, uji hedonik, dan uji viskositas memenuhi syarat mutu lotion aromaterapi yang baik berdasarkan SNI 16-4399-1996. Kata kunci : Lotion, aromaterapi, Jeruk Kalamansi, Minyak Atsiri

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:59
Last Modified: 01 Aug 2023 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13798

Actions (login required)

View Item View Item