PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MASALAH REALISTIKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Efrialinda, Aisyah and Fachruddin, Fachruddin and Dewi, Rahimah (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MASALAH REALISTIKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_AISYAH EFRIALINDA_A1C013036.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan responpeserta didik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Masalah Realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar obeservasi aktivitas peserta didik, tes hasil belajar dan lembar angket respon peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas, hasil belajar dan respon peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara mengatur perpindahan peserta didik saat bertamu, meminta peserta didik mencatat dan menyimak informasi yang didapatkan saat bertamu, peserta didik yang masih ribut diberikan pertanyaan yang mendorongnya untuk memperhatikan dan fokus pada pembelajaran, siswa diberi penjelasan, motivasi dan bimbingan dalam mengemukakan pendapat. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus III yaitu: 19,63 (kurang aktif); 27,75 (cukup aktif); 35,00 (aktif). Sedangkan hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih baik lagi dalam melaksanakan pembelajaran dan menekankan peserta didik agar lebih teliti dalam mengerjakan soal, dan menanyakan kesulitan belajar yang peserta didik alami. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III yaitu: 67,01; 75,75; 86,72 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 35%; 70%; 90%. Peningkatan respon peserta didik dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata respon peserta didik dari siklus I sampai siklus III yaitu: 28,9 (cukup tinggi); 37,8 (cukup tinggi); 44,35 (tinggi). Kata Kunci : Aktivitas, hasil belajar, respon, two stay two stray, masalah realistik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 09:04
Last Modified: 21 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13806

Actions (login required)

View Item View Item