ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DALIL PYTHAGORAS KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Viella, Ana and Muchlis, Effie Efrida and Dewi, Herawaty (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DALIL PYTHAGORAS KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Ana Viella_A1C012020.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Dalil Pythagoras Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Skripsi S- 1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama, Effie Efrida Muchlis, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Dr. Hj. Dewi Herawaty, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal dalil pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data penelitian ini adalah reduksi data, model data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah 1) Menentukan panjang sisi segitiga siku-siku menggunakan dalil Pythagoras: menentukan rumus dalil Pythagoras 15%, menghitung nilai akar kuadrat 18,3%, 2) Menentukan kebalikan dalil pythagoras menggunakan dalil pythagoras: menentukan rumus dalil pythagoras 45%, menentukan sisi terpanjang pada segitiga 48,3%,%, menghitung nilai akar kuadrat 40% , 3) Menentukan segitiga-segitiga istimewa menggunakan dalil pythagoras: menentukan perbandingan sisi-sisi dari segitiga istimewa 3,34% siswa. menentukan hubungan antara sisi dengan perbandingan sisi-sisi segitiga istimewa 3,34%, 4) Menentukan diagonal bidang dan diagonal ruang menggunakan dalil Pythagoras: menentukan rumus dalil pythagoras diagonal bidang atau ruang 35%, menentukan sisi miring (diagonal ruang) kubus untuk 33,34%, menghitung nilai akar kuadrat 33,34%. Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah : Tidak teliti dalam menuliskan rumus dalil Pythagoras yang akan digunakan, tidak paham cara menggunakan permisalan, tidak teliti dalam menghitung nilai akar kuadrat, tidak paham operasi bilangan akar kuadrat. kurang memahami konsep penamaan ruas garis, tidak paham maksud soal dan tidak tahu bagaimana cara menyelesaikan soal, tidak teliti dalam menentukan hubungan antara sisi dengan perbandingan perbandingan sisi-sisi segitiga istimewa, tidak memahami cara penggunaan dalil Pythagoras dalam menyelesaikan soal, tidak tahu langkah selanjutnya setelah menentukan rumus dalil Pythagoras ruang kubus dan terburu-buru. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, dan dalil Pythagoras

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:33
Last Modified: 27 Jul 2023 03:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13815

Actions (login required)

View Item View Item