PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI SMPN 7 KOTA BENGKULU

Herawati, Anisa and Yensi, Nurul Astuty and Rusdi, Rusdi (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI SMPN 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_ANISAHERAWATI_A1C014080(1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Mengunakan Model Pembelajaran Example Non Example dan Model Pembelajaran Ekspositori Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Nurul Astuty Yensy B, S.Si., M.Si dan Pembimbing Pendamping Drs. Rusdi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata hasil belajara matematika siswa dengan mengunakan model pembelajaran example non example dan model pembelajaran ekspositori di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas sampel 1 yang mengunakan model pembelajaran example non exampel dan Kelas VII H sebagai kelas sampel 2 dengan mengunakan model pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan instrument tes. Untuk analisis data mengunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata kelas sampel 1 adalah 64,92 dan nialai rata-rata kelas sampel 2 yaitu 48,88. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata siswa yang diajar mengunakan model pembelajaran exampel non exampel lebih tinggi dari pada rata-rata nilai siswa yang mengunakan model pembelajaran ekspositori. Hasil uji hipotesis diperoleh dengan mengunakan bantuan SPSS dengan nilaiSig. (p-value) = 0,000 < taraf signifikan ( ) = 0.05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa antara siswa yang mengunakan model pembelajaran example non example dan model pembelajaran ekspositori di kelas VII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Hasil Belajar, Exampel Non Exampel, Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:44
Last Modified: 24 Jul 2023 01:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13819

Actions (login required)

View Item View Item