PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

Susanti, Apri and Susanta, Agus and Muchlis, Effie Efrida (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_A1C014055 Apri Susanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Drs. Agus Susanta M.Ed., Ph.D., dan Pembimbing Pendamping Effie Efrida Muchlis, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran means-ends analysis (MEA) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas VII 9 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran ekspositori dan Kelas VII 8 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran means-ends analysis. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Untuk analisis data menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 42,79 dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 55,19. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata�rata siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran means-ends analysis (MEA) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositori. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,242 > nilai ttabel = 2,000 dengan = 5%. sehingga H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran means-ends analysis (MEA) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Kata Kunci: Hasil Belajar, Means-Ends Analysis (MEA), Ekspositori

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:55
Last Modified: 24 Jul 2023 01:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13824

Actions (login required)

View Item View Item