PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Trinofita, Bella and Susanta, Agus and Hanifah, Hanifah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Bella Trinofita_A1C014052.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap sikap dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menerapkan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan instrumen tes. Untuk analisis data angket secara deksriptif dan instrumen tes menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sikap siswa dengan kategori sangat baik. Skor rata-rata sikap siswa kelas eksperimen adalah 53. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 80,91 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 59,41. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis nilai thitung = 6,463 > nilai ttabel = 2,000 dengan = 5%. Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap sikap dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Sikap, Hasil Belajar, Penemuan Terbimbing, Strategi Ekspositori

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:52
Last Modified: 24 Jul 2023 06:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13837

Actions (login required)

View Item View Item