PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 17 KOTA BENGKULU

Putri, Cindy Samya and Muchlis, Effie Efrida and Rusdi, Rusdi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_CINDY SAMYA PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Design. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan siswa Kelas VIIID berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIIIE yang terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian dilakukan 6 kali pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas sampel pada rentang waktu 7 April 2018 sampai dengan 14 Mei 2018. Analisis data dilakukan dengan uji-t paired, uji-t independent, dan perhitungan nilai N-Gain. Pada uji-t paired untuk hasil pretes dan postes kelas eksperimen didapat angka sig.(2-tailed) = 0,000 < taraf signifikan ( yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah model pembelajaran Think Pair Share diterapkan. Sedangkan pada uji-t independen untuk hasil postes kedua kelas sampel dengan taraf signifikan didapat angka sig.(2- tailed) = 0,047 < taraf signifikan ( dan yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika antara siswa yang melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share dan siswa dengan model pembelajaran ekspositori. Pada perhitungan nilai N-Gain didapat rata-rata angka N-Gain pada kelas eksperimen yakni 0,47 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,34 dengan kategori sedang juga, didapati bahwa angka kenaikan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dari angka kenaikan pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu. Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran Think Pair Share (TPS)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:09
Last Modified: 24 Jul 2023 07:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13842

Actions (login required)

View Item View Item