PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZED) BERBANTUAN LKPD BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Sabillah, Farah Sal and Yensy, Nurul Astuty and Maizora, Syafdi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZED) BERBANTUAN LKPD BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FARAH SAL SABILLAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualized (TAI) berbantuan LKPD berbasis saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualized (TAI) berbantuan LKPD berbasis Saintifik dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII.2 SMPN 4 Kota Bengkulu. Aktivitas belajar ditingkatkan dengan membentuk kelompok siswa secara heterogen, membagikan LKPD berbasis saintifik pada tiap pertemuan, mengerjakan latihan kemampuan secara individual, mengoreksi jawaban latihan kemapuan, dan mengerjakan tes formatif. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setiap siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan rata-rata skor 14,875. Pada siklus II aktivitas belajar siswa masih dalam kategori aktif dengan rata-rata skor 21,625. Sedangkan pada siklus III aktivitas belajar siswa sudah mencapai kategori aktif dengan rata-rata skor 24,5. Sedangkan, peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I hingga siklus III yaitu : 72,38; 81,23; 85,83. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, LKPD, Pendekatan Saintifik, Aktivitas belajar dan Hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:00
Last Modified: 24 Jul 2023 08:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13860

Actions (login required)

View Item View Item