PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Veliesa, Gyzka and Hannifah, Hannifah and Maulidiya, Della (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Gyzka (A1C014032)-SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (39MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Model Guided Discovery pada Materi Garis dan Sudut Di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Devolopment) dengan memodifikasi prosedur 4D Thiagarajan menjadi 3 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Validasi LKPD dilakukan oleh dua orang validator. Kepraktisan LKPD diuji pada dua belas peserta didik di kelas VII H SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Efektifitas LKPD diuji pada tiga puluh tiga peserta didik di kelas VII G SMP Negeri 2 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Model Guided Discovery pada Materi Garis dan Sudut Di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori: (a) valid berdasarkan 36 butir pernyataan aspek materi, konstruksi, dan bahasa dengan skor rata-rata 148,5, (b) sangat praktis berdasarkan 9 butir pernyataan kepraktisan LKPD dengan skor rata-rata 40,13, dan (c) efektif berdasarkan : 1) respon peserta didik yang terdiri dari 11 butir pernyataan dengan skor rata-rata 47,10 dalam kategori sangat baik; 2) aktivitas peserta didik yang terdiri dari 11 butir pernyataan dengan skor rata-rata 46,25 dalam kategori sangat baik; 3) aktivitas pendidik yang terdiri dari 10 butir pernyataan dengan skor rata-rata 43,13 dalam kategori sangat baik; dan 4) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan klasikal 84,85 %. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Pendidikan Karakter, Guided Discovery

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:14
Last Modified: 24 Jul 2023 08:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13869

Actions (login required)

View Item View Item