PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS–TS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Istiqomah, Ida and Fachruddin, M. and Della, Maulidiya (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS–TS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C014027_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa, dan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada pembelajaran matematika pokok bahasan segiempat dan segitiga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I adalah 16.5 dengan kriteria cukup aktif, pada siklus II mencapai 21.6 dengan kriteria cukup aktif dan siklus III mencapai 27 dengan kriteria aktif. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata – rata tes hasil belajar siswa pada siklus I mencapa 58,42; pada siklus II mencapai 76,97; dan pada siklus III mencapai 80.93. Ketuntasan Klasikal pada siklus I hanya mencapai 16,67%; pada siklus II mencapai 63,33%; dan siklus III mencapai 83,33%. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray (TS – TS), Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:34
Last Modified: 24 Jul 2023 08:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

View Item View Item