PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP N 19 KOTA BENGKULU

Fahmad, Lathifah Permatasari and Fachruddin, M. and Syafdi, Maizora (2018) PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP N 19 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_LATHIFAH PERMATASARI F_A1C014044.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) lebih dari hasil belajar peserta yang menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas VII SMP N 19 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 19 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dengan peserta didik yang berjumlah 29 peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 dengan peserta didik yang berjumlah 30 peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar (posttest) berupa soal esai. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung yaitu 2,2384 dengan taraf nyata (α) = 5% dan dk = 57 menghasilkan ttabel yaitu 2,0025 jadi thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) lebih dari hasil belajar peserta yang menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas VII SMP N 19 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Eksperimen, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Rotating Trio Exchange, Two Stay Two Stray.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:53
Last Modified: 24 Jul 2023 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item View Item