PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Jayanti, Meli Dwi and Maizora, Syafdi and Nurul, Astuty Yensy (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara pembagian kelompok berdasarkan hasil belajar dan perilaku peserta didik, menekankan bahwa setiap kelompok wajib memberikan satu pertanyaan atau tanggapan pada saat presentasi kelompok. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rat aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus III yaitu: 17,67 (cukup aktif), 21,75 (cukup aktif), 27,13 (aktif). Sedangkan hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD dengan langkah dan pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 67,9; 73,9; 86,6 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu: 35,71%; 60,71%; 89,29%. Kata Kunci: Think Talk Write: Aktivitas Siswa; Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:50
Last Modified: 25 Jul 2023 06:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

View Item View Item