ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINIER SATU VARIABEL DI KELAS X SMA N 3 KOTA BENGKULU

Setiawan, Oktra Okta and Maulidiya, Della and M., Fachruddin (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINIER SATU VARIABEL DI KELAS X SMA N 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Oktra Okta Saktiawan_A1C012041.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor-faktor kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal persamaan nilai mutlak linier satu variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah menyusun soal tes instrumen penelitian, uji validitas logis, pemberian tes diagnostik, menganalisis hasil tes diagnostik, melakukan wawancara, membuat laporan. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 3 SMA N 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa. Setelah memberikan tes diagnostik, peneliti melakukan wawancara terhadap siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tes diagnostik. 1) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang nilai variabel persamaan mutlak | x – a | = b dan | x – | = dilakukan oleh 26 siswa dengan 22 kesalahan konsep dan 7 kesalahan operasi; 2) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang nilai variabel persamaan mutlak |ax + b| = c dan | x – c| = d dilakukan oleh 26 siswa dengan 21 kesalahan konsep dan 12 kesalahan operasi; 3) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang nilai variabel persamaan mutlak a | bx - c | + d = e dan a | x - | + f = g dilakukan oleh 29 siswa dengan 27 kesalahan konsep dan 13 kesalahan operasi; 4) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang nilai variabel persamaan mutlak |ax - b| = | c - x | dan = d dilakukan oleh 24 siswa dengan 9 kesalahan fakta, 14 kesalahan konsep ,16 kesalahan operasi, 24 kesalahan prinsip. Adapun solusi setelah dilakukan analisis hasil tes diagnostik dan wawancara adalah guru perlu memastikan siswa memahami materi prasyarat yaitu persamaan linier satu variabel, siswa telah memahami konsep persamaan nilai mutlak linier satu variabel dengan benar, siswa memahami prosedur dan syarat dalam menyelesaikan berbagai macam soal persamaan nilai mutlak linier satu variabel. Kata Kunci : Penelitian Deskriptif, Analisis Kesalahan Siswa, Persamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:11
Last Modified: 25 Jul 2023 07:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13907

Actions (login required)

View Item View Item