PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Sutriani, Riska and Yensy, Nurul Astuty and Dewi, Rahimah (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RISKA SUTRIANI (A1C013075).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas, hasil belajar, serta respon peserta didik dengan metode pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah Kelas VII E SMP Negeri 11 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 21 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, tes hasil belajar, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas peserta didik yang dilakukan dengan cara menyampaikan apersepsi, memotivasi peserta didik, membimbing, menegur dan menasehati peserta didik. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari skor rata-rata lembar observasi aktivitas peserta didik pada siklus I sampai siklus III, yaitu: 17,875 (kriteria cukup aktif), 21,5 (kriteria cukup aktif), dan 26,13 (kriteria aktif). Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara pembuatan mind mapping dengan bimbingan guru, serta membimbing dalam mengerjakan latihan soal. Peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu: 74,46; 79,78; 82,50 dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 52,38%; 77,78%; 85%. Respon peserta didik ditingkatkan dengan membimbing pembuatan mind mapping dan mengerjakan latihan soal agar lebih tertarik dan antusias dalam belajar, serta memberikan motivasi. Peningkatan respon dilihat dari skor rata-rata respon peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu 43,57 (setuju); 47,61 (setuju); 50,80 (sangat setuju). KataKunci: Metode Pembelajaran Mind Mapping, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Respon Peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:50
Last Modified: 25 Jul 2023 07:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item