PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK ANTARA PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI KELAS VII MTs NEGERI 2 BENGKULU TENGAH

Putri, Riski jesi and Muchlis, Effie Efrida and Nurul, Astuty Yensy (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK ANTARA PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI KELAS VII MTs NEGERI 2 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_RISKI JESI PUTRI_A1C013016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio-visual lebih dari hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran ekspositori di kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi yaitu peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik yang berjumlah 16 orang yang mendapat perlakuan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio-visual dan VII C sebagai kelas kontrol dengan peserta didik yang berjumlah 15 orang yang mendapat perlakuan pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung yaitu 2,53 dengan taraf nyata (α) = 5% dan dk = 29 menghasilkan ttabel yaitu 1,699, jadi thitung>ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio�visual lebih dari hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran ekspositori di kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Media Audio-Visual, Pembelajaran Ekspositori

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:57
Last Modified: 25 Jul 2023 07:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13921

Actions (login required)

View Item View Item