SARAGIH, RUTHANAYA BR. and Rusdi, Rusdi and Nurul, Astuty Yensy (2018) PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi fix editan lagi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengelola pembelajaran yang menggunakan alat peraga dengan strategi pembelajaran ekspositori dan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V A SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian Tindakan Kelas dengan alur perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan tahap siklus selanjutnya. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan menggunakan teknik pengumpulan dengan cara observasi dan melakukan tes menggunakan instrumen yang meliputi lembar tes akhir siklus dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 69 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa, yaitu 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan [1] Pengelolaan pembelajaran yang menggunaan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan cara melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan memberikan motivasi belajar. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh dari siklus I, siklus II, dan siklus III dengan skor berturut-turut yaitu 26,5 (cukup aktif); 34,13 (aktif); dan 36,88 (sangat aktif). [2] Pengelolaan pembelajaran yang menggunakan alat peraga meningkatkan hasil belajar dengan cara memberikan bimbingan pelatihan melalui pemberian LKS, memberikan pengetahuan melalui alat peraga, memberikan kesempatan kepada siswa memberikan pendapat dan menarik kesimpulan pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata tes akhir siklus I, siklus II, dan siklus III yang berturut-turut memperoleh nilai rata�rata yaitu 55,71 (belum tuntas); 67,79 (tuntas tetapi belum mencapai keberhasilan hasil belajar yang ditentukan); dan 77,51(tuntas dan memenuhi keberhasilan belajar yang ditentukan) dengan presentase ketuntasan klasikal hasil belajar dari siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut adalah 44% (belum tercapai), 74% (belum tercapai), dan 97% (sudah tercapai). Peningkatan hasil belajar juga dilihat dari peningkatan tes siklus dengan menggunakan rumus N-gain yang memperoleh perbandingan nilai dari siklus I ke siklus II yaitu 0,27 (belum meningkat); dari siklus II ke siklus III yaitu 0,30 (sudah meningkat); dan dari siklus I ke siklus III yaitu 0,49 (sudah meningkat). Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Penggunaan Alat Peraga
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:12 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13929 |
Actions (login required)
View Item |