PERAN BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DHARMAGUNA BENGKULU DALAM PENANGANAN PENYANDANG DISABILITAS MENTAL YANG DIPASUNG

JANNAH, PUTRI TSANIAH NURUL and Yunilisiah, Yunilisiah and Sri, Putri Permata (2023) PERAN BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DHARMAGUNA BENGKULU DALAM PENANGANAN PENYANDANG DISABILITAS MENTAL YANG DIPASUNG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
D1A017022 PUTRI TSANIAH NURUL JANNAH_compressed - Putri Tsaniah Nurul Jannah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penyandang disabilitas Mental yaitu seorang individu yang ODMK atau Orang Dalam Masalah kejiwaan dan ODGJ atau Orang Dalam gangguan Jiwa yang mana mengalami hambatan untuk berpartisipasi dan melakukan interaksi di masyarakat dengan jangka waktu yang lama. Permasalahan pada gangguan jiwa dialami oleh siapa saja dan dapat menimbulkan beban tidak saja bagi penyandangnya, tetapi juga bagi keluarganya apabila tidak mendapatkan penanganan secara tepat. Masih banyak keluarga yang kurang memiliki pengetahuan bagaimana cara merawat para penyandang disabilitas mental dan menganggap para penyandang disabilitas sebagai aib sehingga penyandang disabilitas mental dipasung. Tujuan dari penelitian ini yaitumendeskripsikan peran BRSPDM Dharma Guna Bengkulu dalam penanganan penyandang disabilitas mental yang dipasung dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat BRSPDM Dharma Guna Bengkuludalam penanganan penyandang disabilitas yang dipasung.Informan dalam penelitian ini berjumlah 14 orang yaitu kepala program rehabilitasi BRSPDM, Tim Reaksi Cepat, Tim Kesejahteraan Sosial Kecamatan, Pekerja Sosial, Keluarga penyandang disabilitas mental dan penyandang disabilitas mental.Teknik yang digunakan dalam memilih dan menentukan informan tersebut adalah teknik purposive. Data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara dam studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran BRSPDM telah terlaksana dengan baik, namun ada beberapa peran yang tidak terlaksana dikarenakan terdapat faktor penghambat yaitu kurangnya anggaran, akses evakuasi yang sulit dijangkau, dan kurangnya monitoring setelah keluar dari balai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:27
Last Modified: 25 Jul 2023 08:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13934

Actions (login required)

View Item View Item