ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS V SD NEGERI 88 KOTA BENGKULU

Arieska, Sarlin and Rahimah, Dewi and Effie, Efrida Muchlis (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS V SD NEGERI 88 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SDN 88 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan siswa melakukan kesalahan pada kompetensi dasar menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB, dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB, berdasarkan indikator: (1) Menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB pada bilangan genap sebanyak 6 siswa, (2) Menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB pada bilangan genap dan ganjil sebanyak 15 siswa, (3) Menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK pada bilangan genap sebanyak 14 siswa, (4) Menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK pada bilangan genap dan ganjil sebanyak 18 siswa, (5a) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan FPB sebanyak 25 siswa, (5b) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan FPB sebanyak 24 siswa, (6a) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan KPK sebanyak 24 siswa, dan (6b) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan KPK sebanyak 23 siswa. Faktor penyebab kesalahan siswa yaitu: tidak menguasai materi, tidak memahami cara mengubah permasalahan ke dalam bentuk model penyelesaian matematika, kurang menguasai konsep materi, kurang memahami cara menggolongkan atau mengelompokkan faktorisasi dari bilangan-bilangan untuk dijadikan KPK atau FPB, kurang memamahi konsep pemfaktoran, masih keliru dengan langkah-langkah penyelesaian soal, tidak hafal perkalian / pembagian, tidak teliti dalam memahami informasi yang ada pada soal, terburu-buru/ceroboh dalam melakukan perhitungan, tidak mengecek ulang hasil perhitungan yang telah dikerjakan. Adapun faktor lain penyebab kesalahan siswa adalah karena siswa: tidak mengulangi materi di rumah, tidak pernah bertanya kepada guru/teman apabila siswa belum paham materi. Kata Kunci: Analisis, Bilangan Bulat, Kesalahan, Matematika SD

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:31
Last Modified: 25 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13938

Actions (login required)

View Item View Item