PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN MODEL ROLE PLAYING DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Fitry, Tiara and Maizora, Syafdi and Rusdi, Rusdi (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN MODEL ROLE PLAYING DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TIARA FITRY_A1C014074_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk membandingkan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori dengan model pembelajaran role playing di kelas VII SMPN 21 Kota Bengkulu pada pokok bahasan aritmetika sosial. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (Eksperimen semu) dengan desain penelitian yaitu The Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa tes akhir (posttest) yang berbentuk tes essay. Hasil tes akhir menunjukkan kelas role playing dengan jumlah siswa 27 orang memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 73,07 dan varians 218,687. Sedangkan kelas ekspositori dengan jumlah siswa 27 orang memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 66,63 dan varians 329,165. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t untuk sampel independen, diperoleh bahwa = 1,120 dan = 2,006,, maka ≤ yang berarti diterima. Hal ini didukung oleh perhitungan melalui SPSS versi 23 yang menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,159 dengan taraf signifikan ( ) = 0,05, sehingga Sig. (2-tailed) > ( ). Maka, hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran role playing sama dengan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori di kelas VII SMPN 21 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Hasil belajar matematika, Model Pembelajaran Role Playing, Pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:41
Last Modified: 26 Jul 2023 06:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13951

Actions (login required)

View Item View Item