VALENCIA, ULVA DWI and Maizora, Syafdi and Agus, Susanta (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Ulva Dwi Valencia_A1C014069_Skripsi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Berbasis Guided Discovery Learning pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKPD, lembar kepraktisan LKPD, dan lembar efektifitas LKPD. Hasil penelitian pengembangan LKPD ini menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis guided discovery learning pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah termasuk dalam kategori valid dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa dengan skor rata-rata 4,03; (2) LKPD berbasis guided discovery learning pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,27; (3) LKPD berbasis guided discovery learning pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,55 dengan pencapaian efektifitas: (a) Aktivitas peserta didik dalam kegiatan balajar sangat efektif dengan skor rata-rata 4,31; (b) Respon peserta didik terhadap pembelajaran sangat efektif dengan skor rata-rata 4,4; (c) Hasil belajar peserta didik kelas VIII.8 SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah sangat efektif dengan skor rata-rata 4,84 dan rata-rata jumlah peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75 yaitu 90,32%. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Guided Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:48 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:48 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13953 |
Actions (login required)
View Item |