UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DAUN JERUK KALAMANSI (Citrofortunella microcarpa) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli

Oktasila, Deza and Nurhamidah, Nurhamidah and Dewi, Handayani (2018) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DAUN JERUK KALAMANSI (Citrofortunella microcarpa) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-DEZA OKTASILA-A1F014007.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas antibakteri dari ekstrak etanol dan minyak atsiri daun jeruk Kalamansi (Citrofortunella microcarpa) terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Ekstrak daun jeruk Kalamansi diperoleh dengan cara maserasi menggunakan etanol 96% dan minyak atsiri daun jeruk Kalamansi diperoleh melalui destilasi uap-air. Pengujian aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi kertas cakram. Aktivitas antibakteri ditunjukkan oleh adanya diameter zona hambat yang terbentuk. Data hasil uji antibakteri dianalisa statistika dengan menggunakan uji Anova satu arah (One way) yang menunjukkan adanya pengaruh perlakuan terhadap pertumbuhan bakteri uji dilihat dari nilai P=0,000 (<0,01) kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan untuk mengetahui pengaruh antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol dan minyak atsiri daun jeruk Kalamansi berpengaruh terhadap pertumbuhan bakteri S. aureus dan E. coli. Kekuatan daya antibakteri pada ekstrak daun jeruk Kalamansi terhadap bakteri S. aureus dan E. coli tergolong sedang dengan diameter zona hambat yaitu sebesar 7,20 mm dan 5,73 mm pada konsentrasi 40%, sedangkan kekuatan daya antibakteri pada minyak atsiri daun jeruk Kalamansi termasuk kategori kuat dengan masing-masing diameter zona hambat yaitu 14,83 mm dan 13,00 mm pada konsentrasi 20%. Kata kunci: Citrofortunella microcarpa, Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Antibakteri.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:06
Last Modified: 26 Jul 2023 08:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13972

Actions (login required)

View Item View Item