PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN BAMBOO DANCE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Lestari, Epo Gita and Bahar, Amrul and Elvinawati, Elvinawati (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN BAMBOO DANCE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Evo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dan tipe Bamboo Dance pada materi perkembangan model atom di Kelas X IPA di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 4 kelas dari kelas X IPA. Sampel penelitian ditentukan dengan cara uji normalitas dan uji homogenitas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dan kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dance. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan pretes dan postes. Analisa data yang digunakan yaitu nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih pretes dan postes. Pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata 51,175 dan kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata 59,264. Untuk mengetahui perbandingan pada kedua tipe tersebut , dilakukanlah uji hipotesis pada hasil belajar siswa. Dimana uji hipotesis ini menggunakan uji t dengat taraf signifikan (α=0,05). Dari hasil yang terlihat diperoleh nilai untuk hasil belajar thitung 3,680 dan ttabel 1,668. Berdasarkan hasil uji hipotesis dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dance lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle. Kata kunci : model kooperatif, inside outside circle, bamboo dance, hasil belaja

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:21
Last Modified: 27 Jul 2023 03:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13981

Actions (login required)

View Item View Item