Astiani, Florentina and Bahar, Amrul and Hermansyah, Amir (2018) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI FLORENTINA ASTIANI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student fasilitator and explaining (SFE) dan tipe student teams achievement division (STAD) pada pokok bahasan tata nama senyawa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan populasi yaitu kelas X MIPA di SMAN 9 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018 sedangkan sampel adalah kelas X MIPA 2 dan kelas X MIPA 4 yang didapat dari hasil uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Rata-rata selisih pretest dan postest siswa pada kelas eksperimen I (SFE) diperoleh nilai 58.70 sedangkan pada kelas eksperimen II (STAD) diperoleh nilai 54.25. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan model kooperatif tipe SFE lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menerapkan tipe STAD. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan taraf signifikan (α=0,05), maka diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 1,782819 > 1,67469. Hasil data menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFE dan kelas eksperimen II yang menggunakan tipe STAD. Kata Kunci : Student Fasilitator And Explaining, Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 08:32 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 08:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13984 |
Actions (login required)
View Item |